Sel Beta Penghasil Insulin Bisa Reborn

23.41 / Posted by uti home sweet home :) /

Selama ini, penderita diabetes tipe 1 dihantui kenyataan bahwa dia akan tergantung dengan terapi insulin selama sisa hidupnya. Sebab pada diabetes tipe ini terjadi kerusakan sel-sel beta pankreas sebagai tempat diproduksinya insulin. Karena kerusakan tersebut, hormon insulin tidak diproduksi lagi.
Bahkan penderita yang sudah melakukan transplantasi sel-sel beta pankreas penghasil insulin inipun masih dicemaskan bahwa mereka kemungkinan akan kembali kepada insulin. Sebab dalam diabetes tipe 1, serangan sistem kekebalan pada sel beta muncul terus menerus. Sistem kekebalannya ini kemudian juga menghancurkan sel beta yang ditransplantasikan.


Kini ada harapan baru dari sebuah temuan yang dihasilkan oleh para peneliti Swiss. Mereka mendapati bahwa sel tertentu dalam pankreas dapat meregenerasi dirinya sendiri menjadi sel-sel penghasil insulin setelah sel penghasil insulin yang normal telah hancur pada diabetes tipe 1.
"Pankreas dewasa dapat meregenerasi sel-sel beta baru bahkan jika mereka benar-benar tidak ada seperti dalam diabetes tipe 1," kata Pedro Herrera, kepala peneliti sekaligus profesor di departemen fisiologi dan metabolisme sel di Universitas Jenewa Medical School.
Memang para ahli diabetes masih menyarankan untuk diadakannya penelitian lebih jauh karena penelitian ini baru dilakukan pada tikus yang telah diinduksi menderita diabetes tipe 1 tiruan. Tikus-tikus tersebut dipapar pada racun yang hanya menghancurkan sel beta mereka.
Para peneliti ini kemudian menemukan bahwa ketika hampir semua sel beta pada tikus telah dihancurkan, dan biasanya mereka bisa bertahan hidup hanya dengan terapi insulin, ternyata sel-sel alfa yang biasanya juga ada di pankreas spontan berubah fungsi menjadi sel beta. Setelah sel-sel alfa cukup dikonversi ke dalam sel beta, terapi insulin tidak lagi diperlukan. Sel alfa mengeluarkan sebuah hormon yang disebut glukagon yang melawan efek insulin yang terlalu banyak dan membantu tubuh mempertahankan kadar gula darah normal.
Penelitian baru ini, yang diterbitkan April 4 dalam edisi online jurnal Nature, adalah yang pertama menunjukkan bahwa perubahan ini dapat terjadi secara alami dan spontan. Penelitian sebelumnya telah mampu mengubah sel dewasa menjadi sel-sel yang memproduksi insulin, tetapi perubahan tersebut memerlukan manipulasi genetik, yang mungkin bisa membuat lebih sulit mengembangkan jenis obat untuk mereproduksi efeknya.
Diabetes tipe 1 biasanya terjadi pada usia yang lebih muda, umumnya di bawah 40 tahun. Untuk bertahan hidup, penderita diabetes tipe 1 perlu mendapat suntikan insulin secara teratur sepanjang hidupnya.
www.majalah-farmacia.com/rubrik/one_news.asp?IDNews=1683

Labels:

0 comments:

Posting Komentar