Chapter 10 : Computer Security and Risks

22.16 / Posted by uti home sweet home :) /

CHAPTER 10

Describe several types of computer crime and discuss possible crime prevention techniques.
Beberapa tipe kejahatan komputer (computer crime) :
1.    Theft by Computer (Pencurian melalui Komputer)
Pencurian melalui komputer adalah kejahatan yang paling umum dilakukan. Komputer sering kali digunakan untuk mencuri uang, barang, informasi, dan ide-ide komputer. Salah satu contohnya adalah pada tahun 2001 dua pemuda Rusia ditahan karena menyelundup ke dalam beberapa jaringan perusahaan Amerika Serikat, mencuri informasi-informasi penting, dan menuntut uang tebusan atas informasi yang dicuri tersebut. Namun FBI berhasil menangkap sepasang pemuda tersebut dengan menggunakan komputer keamanan perusahaan yang palsu sebagai umpan.

2.    Identity Theft (Pencurian Identitas)
Pencurian identitas sering kali terjadi. Identitas yang paling sering dicuri adalah nomor kartu kredit, nomor SIM, dan beberapa data lainnya.

3.    Software Sabotage (Sabotasi Software)
Salah satu bentuknya adalah virus. Seperti yang kita ketahui virus sangatlah merugikan dalam komputer. Virus dalam software komputer adalah kumpula kode-kode yang biasanya disembunyikan dalam sistem operasi dari suatu komputer. Beberapa contoh virus : worm dan trojan horses.

4.    Hacking and Electronic Trespassing

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah kejahatan komputer antara lain :
1.   Membuat Password
Ini adalah cara yang paling mudah dan umum, meskipun tak sepenuhnya efektif. Kita harus membuat password yang tak mudah ditebak oleh orang lain, dan tentunya hanya kita sendiri yang tahu. Hal yang bisa dilakukan adalah mengganti password secara berkala agar data-data yang kita miliki tetap aman.
2.   Encryption Key
Banyak perusahaan yang menggunakan encryption key untuk melindungi pengiriman data informasi mereka. Dengan encryption key ini, pesan ditransmisikan dalam karakter acak yang tidak bisa terbaca oleh orang lain selain pengirim dan penerima pesan.
3.   Back Up
Kita bisa melakukan back up, yaitu menyimpan salinan data-data penting yang kita miliki di tempat lain sehingga ketika data kita dicuri atau hilang, kita masih memiliki salinannya.

Describe the major security issues facing computer users, computer system administrators, and law enforcement officials.
Masalah-masalah keamanan yang dihadapi admin sistem komputer dan aparat penegak hukum adalah banyaknya tindakan-tindakan kriminal dan kejahatan yang menggunakan komputer, terutama yang mengacu pada privasi orang. Sering kali kejahatan ini dilakukan secara profesional sehingga sulit dilacak baik melalui keamanan komputer maupun oleh aparat penegak hukum. Tentu saja yang menjadi korban adalah pengguna komputer (computer user) yang privasinya dicuri. Misalnya saja pencurian data penting dari suatu organisasi atau perusahaan. Terkadang, FBI pun kesulitan dalam melacak keberadaan pelaku tindak kriminal ini.

Describe the ways in which computer security relates to personal privacy issues.
Privasi adalah setiap hal yang menjadi konsumsi pribadi, hal yang benar-benar hanya dapat diketahui oleh diri sendiri. Namun terkadang banyak pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab berusaha untuk mengetahui privasi tersebut. Karena itulah keamanan komputer dibutuhkan untuk menjaga agar privasi yang ada tetap terjaga dan tidak diketahui oleh orang lain.

Explain the ways in which security and computer reliability are related.
Keamanan di dalam menjaga privasi dan data-data di dalam komputer sangatlah penting. Karena itu komputer harus dapat menjaga keamanan dari privasi dan data-data tersebut. Kerusakan adalah hal yang tidak dapat dihindari di dalam penggunaan komputer. Semakin besar sistemnya maka semakin besar pula masalah yang mungkin ditimbulkan dari sistem tersebut. Namun keamanan komputer harus menjaga agar masalah yang ditimbulkan tidak memberi dampak negatif yang besar bagi pengguna komputer itu sendiri.

Sumber :
Beekman, George. 2009. Tomorrow’s Technology and You. New Jersey : Prentice-Hall.

Labels:

0 comments:

Posting Komentar